20/02/2018 | download
PEMBUKAAN PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI (PBK) BBPLK MEDAN T.A 2018
BBPLK Medan-Medan. Kepala BBPLK Medan, Fahrurozi, S.H., M.A didampingi Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Penyelenggara, Ketua LSP dan KKJF secara resmi membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Industri Non Boarding Tahun 2018 bertempat di Gedung Serbaguna BBPLK Medan, Senin (19/02/2018).
PBK Industri Tahap pertama ini dibuka sebanyak 9 (sembilan) paket atau 144 orang peserta terdiri atas Kejuruan Bangunan Sub Kejuruan Juru Ukur Survey sebanyak 1 paket dengan 200 jam pelajaran dan Sub Kejuruan Drafter/Pemetaan sebanyak 4 paket dengan 320 jam pelajaran.Sementara Kejuruan Pariwisata dibuka sebanyak 4 paket dengan Sub Kejuruan Front Office Agent, Tiketing, Tour Leader dan Pramuwisata dengan masing-masing 160 jam pelajaran.
Dalam sambutannya, Kepala BBPLK Medan menekankan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki para tenaga kerja yaitu Knowledge, Skill dan Attitute. Untuk bertahan di pasar kerja, tiga komponen itu tidak bisa dipisahkan.
Dengan tantangan globalisasi yang semakin besar salah satunya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Negara-negara ASEAN menjadi satu pasar besar yang diperebutkan oleh seluruh tenaga kerja dari negara ASEAN. “Tingkatkan kompetensi jangan sampai kita jadi penoton di negeri sendiri” pesan Kepala BBPLK Medan.
Pelatihan Kejuruan Pariwisata yang dibukamenjadi sejarah bagi BBPLK Medan karena untuk pertama kali pelatihan ini dibuka di BBPLK Medan. Dalam program 3 R (Revitalisasi, Reorientasi dan Rebranding), BBPLK Medan mendapat amanat untuk menyelenggarakan pelatihan Kejuruan Bangunan dan Pariwisata.
Dalam penutupnya, kepala BBPLK Medan mengigatkan peserta serius belajar dan mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. “Kesempatan tidak datang dua kali, pergunakan waktu pelatihan ini dengan baik”